judul posting

Jenis-Jenis Jaringan

Jenis-jenis jaringan komputer dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain:

1. Jaringan Berdasarkan Jangkauannya, antara lain:

a. LAN (Local Area Networking)
LAN atau Local Area Networking adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya yang mencakup area terbatas, seperti dalam satu ruang, satu gedung. Biasanya luas jangkauan LAN dapat mencapai 1 Km2.

b. MAN (Metropolitan Area Networking)
MAN atau Metropolitan Area Network, pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja jangkauan wilayahnya lebih luas dibandingkan LAN dan biasanya menghubungkan dua atau beberapa LAN yang berdekatan. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dan berada di dalam kota yang sama. Jaringan ini umumnya menggunakan gelombang radio.

c. WAN (Wide Area Networking)
WAN atau Widw Area Networking adalah suatu jaringan yang memiliki jarak jangkauan sangat luas yang mencakup wilayah antar kota, provinsi, negara bahkan antar benua. WAN biasanya dihubungkan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik dengan bantuan satelit.
2. Jaringan berdasarkan topologinya
Topologi adalah cara yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Berdasarkan topologinya jaringan dapat dibedakan, antara lain:
a. Topologi star (bintang)
Pada topologi star antara komputer yang satu dengan yang lainnya berkomunikasi langsung melalui central (pusat). Central ini bisa berupa hub atau komputer. Lalu lintas data dikirim dari satu komputer lalu melewati sentral kemudian diteruskan ke komputer lainnya.

b. Topologi ring (cincin)
Pada topologi ring (cincin) cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya dihubungkan sedemikian rupa sehingga membentuk lingkaran tertutup. Antara komputer client satu dengan yang lainnya mempunyai tingkatan yang sama. Setiap data yang diterima oleh cleint akan diperiksa alamatnya apakah data tersebut alamatnya cocok atau tidak. Jika benar maka data akan diproses tapi jika tidak maka akan diteruskan keclient lainnya.


c. Topologi Bus
Pada topologi bus semua komputer dihubungkan dengan menggunakan satu jalur kabel sebagai media transmisinya. Jika seorang pengguna komputer mengirimkan pesan ke komputer lain maka pesan tersebut ditransmisikan lewat kabel tersebut.

d. Topologi Tree (Pohon)
Topologi pohon merupakan pengembangan dari topologi bintang, dimana salah satu simpul menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada dibawahnya.

3. Jaringan berdasarkan media transmisinya
Berdasarkan media transmisinya maka jaringan komputer dibedakan atas:
a. Jaringan kabel (wireline Network)
Jaringan kabel merupakan jaringan yang menggunakan media transmisi kabel untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada pada jaringan tersebut.

b. Jaringan tanpa kabel (wireless Network)
Jaringan tanpa kabel merupakan jaringan yang menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya untuk saling terhubung. Biasanya jaringan ini menggunakan bantuan satelit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar